ZMedia

Teknik sipil dan 7 keahlian di dalamnya.

Fakultas Teknik sipil, kebanyakan dari kita saat akan memasuki jenjang bangku perkuliahan tentu akan bertanya memilih jurusan apa yang baik dan pas buat kita dan tentu akan baik untuk  kedepannya, pada saat ini semua Universitas bisa di katakan lengkap, semua jurusan atau bidang studi bisa di katakan suda merata di setiap Universitas baik negeri ataupun swasta jadi kita tinggal memilih jurusan apa yang pas buat kita, tapi sekedar saran ada baiknya adik-adik yang mau lulus dari SMA/SMK/MA atau yang sederajat terlebih dahulu memikirkan matang-matang tentang jurusan apa yang akan di pilih, prospek ke depannya harus jelas dan tentu sesuai dangan bakat kita masing-masing. misalnya kita berbakat di bidang Matematik tentu kita harus memilih kelompok Saintek, jadi sesuai dengan bakat dan kemampuan kita.
Klo kita bakat di bidang sosial tentu pilihlah jurusan yang berkaitan dangan Soshum jangan memilih Ujian Saintek agar tidak bingung dan gagal.

Di sini sedikit akan saya jelaskan tentang kelompok ujian yang berkaitan dengan Saintek, salah satunya adalah Teknik Sipil.
Teknik sipil sendiri adalah cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana kita merancang, merenovasi, membangun, gedung dan infrastruktur, tapi bukan hanya itu saja tentu juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.Teknik sipil mempunyai ruang lingkup yang sangat luas, di dalamnya ada pengetahuan tentang matematika,fisika,kimia,biologi,geologi,lingkungan bahkan komputer yang mempunyai peranan masing-masing. Teknik sipil sendiri dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, yaa.... bisa dikatakan ilmu teknik sipil ini bisa mengubah sebuah hutan menjadi kota besar dll.

Sedangkan keahliah dalam Teknik sipil sendiri itu ada 7 keahlian teknik sipil yaitu:

1. Geoteknik: adalah bidang yang mempelajari tentang struktur dan  fondasi,tanah yang mendukung fondasi, yang mencangkup dalam bidang ini adalah penyelidikan tanah untuk mengetahui jenis-jenis daya dukung serta kedalaman lapisan keras di suatu daerah atau tempat dalam menopang suatu bangunan yang akan berdiri di atasnya. penyelidikan laboratorium serta perencanaan konstruksi tanah dan batuan, seperti: timbunan (embankment), galian (excavation), terowongan tanah lunak (soft soil tunnel),terowongan batuan (rock/mountain tunnel), bendungan tanah/batuan (earth dam, rock fill dam), dan lain-lain.

2. Transportasi: Berhubungan dengan plenning,operasi,perencanaan dan menejemen sarana transportasi jalan raya,pelabuhan,bandar udara dan transportasi rel kereta api. Dan ilmu-ilmu yang di pelajari antara lain tentang
a. Geometri jalan
b. Perencanaan Perkerasan jalan
c. Pengolahan menejement dari sarana transportasi
e. Sistem Trasportasi

3. Manajemen Konstruksi: Cabang yang mempelajari masalah dalam proyek konstruksi yang berhubungan dengan ekonomi, penjadwalan pekerjaan, pengembalian modal, biaya proyek, semua hal yang berkaitan dengan hukum serta perizinan bangunan hingga pengorganisasian pekerjaan di lapangan sehingga diharapkan bangunan tersebut selesai tepat waktunya.

4. Hidrologi: Adalah cabang yang mempelajari tentang air, distribusi, pengendalian dan permasalahannya. Dalam bidang ini mencakup antara lain:
a. cabang ilmu hidrologi air (berkenaan dengan cuaca, curah hujan, debit air sebuah sungai dsb)  b. hidrolika (sifat material air, tekanan air, gaya dorong air dsb)
c. bangunan air seperti pelabuhan,irigasi,waduk/ atau bendungan(dam) dan kanal.

5. Teknik Lingkungan: Cabang yang mempelajari permasalahan-permasalahan dan isu lingkungan. Mencakup bidang ini antara lain penyediaan sarana dan prasarana air besih, pengelolaan limbah dan air kotor, pencemaran sungai, polusi suara dan udara hingga teknik penyehatan.

6. Informatika Teknik Sipil: Adalah cabang baru yang mempelajari penerapan Komputer untuk perhitungan/pemodelan sebuah sistem dalam proyek Pembangunan ataupun Penelitian.
Mencakup bidang ini antara lain dicontohkan berupa pemodelan Struktur Bangunan (Struktural dari Materi atau CAD), pemodelan pergerakanair tanahatau limbah, pemodelan lingkungan dengan Teknologi GIS (Geographic information system).

7. Sruktural: adalah cabang yang mempelajari masalah struktural dari materi yang digunakan untuk pembangunan.Sebuah bentuk bangunan mungkin dibuat dari beberapa pilihan jenis material seperti baja, beton, kayu, kaca atau bahan lainnya. Setiap bahan tersebut mempunyai karakteristik masing-masing. Ilmu bidang struktural mempelajari sifat-sifat material itu sehingga pada akhirnya dapat dipilih material mana yang cocok untuk jenis bangunan tersebut. Dalam bidang ini dipelajari lebih mendalam hal yang berkaitan dengan perencanaan struktur bangunan , jalan, jembatan dan terowongan dari pembangunan hinga bangunan siap di gunakan.

Itulah bagian dari ilmu teknik sipil, Kelas Neraka itulah ungkapan temen2 kampus ku hehehe
Jadi apakah adik-adik tertarik? Tetaplah berusaha " HIDUP INI SERBA MUNGKIN, JANGAN MENYERAH MESKIPUN PELUANG CUMA 1% "