ZMedia

Berbuat Dan Menyesal, Menyesal Dan Berbuat

Seperti halnya yang telah saya sampaikan pada postingan yang lalu tentang BERBUAT DAN MENYESAL, MENYESAL DAN BERBUAT.
maka pada kesempatan kali ini berhubung saya ada waktu sehari untuk libur, sekedar meneruskan apa yang telah saya jelaskan pada artikel yang lalu. Baiklah tanpa berbasa-basi lagi kita simak dan tentunya di resapi ya jangan cuma di baca hahaha...

Perbuatan atau tingkah laku seseorang apapun bentuknya tidak akan pernah bisa di rubah hasil akhir di belakang, kita hanya bisa dan mampu untuk merubah hasilnya setelah MENYESALINYA LALU BERBUAT HAL -HAL YANG POSITIF untuk tidak lagi terjerumus dalam penyesalan yang sama ataupun penyesalan-penyesalan yang lain, karna kebanyakan dari kita itu lupa dengan resiko ataupun efek apa yang akan terjadi di belakang kita hanya akan ingat tentang resiko saat semua tlah terjadi.

Kita cendrung hanya memikirkan sesuatu yang gampang, suatu yang instan, enak, dan menyenangkan untuk kita tanpa lebih jauh lagi memikirkan dampaknya bagi kehidupan kita, orang tua kita dan orang lain, seharusnya suatu hal apapun sebelum di lakukan ataupun di pilih ada baiknya terlebih dahulu kita bertanya pada diri kita sendiri
" APAKAH PILIHAN KU SUDAH BENAR, JIKA BENAR APAKAH HASILNYA DI BELAKANG? JIKA SALAH DAMPAK NEGATIFNYA SEPERTI APA?" jangan karna kita senang dan sukses sehingga kita lupa dengan konsekuensinya kelak, kita harus tahu dengan cara apa kita mendapatkan kesenangan atau kesuksesan itu, jikalau dengan cara yang baik dan benar tentu hasilnya akan yang terbaik bagimu akan tetapi jikalau dengan cara yang salah sudah pasti akan buruk bagi kehidupan mu.
Saya melakukan sesuatu yang buruk kenapa sekarang masih bisa senang? Saya mendapatkan sesuatu ini dengan cara yang tidak benar kenapa sampai saat ini masih bisa tertawa? Apakah artikel anda ini hanya kebohongan? Saya hanya akan menjawab "saya tidak minta untuk di percaya, cukup di ketahui bahwa tidak ada pesta yang tak berujung di kehidupan ini.

Untuk mendapat kesenangan ataupun meraih sukses banyak cara yang bisa kita lakukan, tanpa harus dengan cara-cara yang buruk ataupun negatif yang dapat  merugikan lingkungan dan orang lain bahkan kita sendiri.
Lalu mengapa seseorang lebih cendrung memilih jalan yang salah daripada jalan yang benar? Menurut saya pribadi banyak faktor yang mengakibatkan seseorang memilih jalan tersebut, dan kebanyakan dari mereka tidak dapat menguasai diri mereka sendiri, sehingga apapun akan di lakukan demi mendapatkan sesuatu tanpa lebih jauh memikirkan konsekuensi, efek dan dampaknya maka sudah tentu penyesalan sudah siap untuk menghampirinya.

Akan tetapi jika seseorang hanya menyesal, sedangkan dalam penyesal tersebut tidak di sertai dengan kesadaran tentang kesalahan yang di lakukan maka semua hanya lah sebuah kesia-siaan belaka.
Kenapa demikia? Ya.... karna jika seseorang itu menyesali perbuatannya dengan benar-benar mengerti kesalahanya maka orang tersebut akan lebih berhati-hati dalam bertindak, berbuat ataupun bergaul dan mengambil suatu keputusan dengan harapan agar kesalahan serupa tidak terulang kembali sehingga penyesalan itu tidak akan terjadi dan terulang lagi dan trus menerus berputar dalam kehidupan mu yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

" Kamu harus lebih berhati-hati dalam menjalani hidup ini, baik itu  bergaul dalam masyarakat, berbicara serta mengambil keputusan, jadilah dirimu sendiri tanpa harus malu atau gengsi di mata masyarakat ataupun di depan teman-teman mu,jika kamu bisa melakukannya setidaknya kamu sudah jujur pada dirimu sendiri dan kamu akan menemukan ritme terbaikmu dalam kehidupan ini"

Manusia, tidak ada manusia yang tidak pernah salah, tidak ada yang tidak pernah menyasal, tidak ada manusia yang selalu benar karna kebenaran hanyalah mutlak hanya milik ALLAH SWT, Tuhan Yang Esa.
Kita manusia sudah di berikan akal, fikiran dan hati sebagai sarana untuk mengambil suatu keputusan dan bersikap bijak agar dapat menganalisa setiap langkah yang akan kita pilih, benar atau salah sehingga suatu penyesalan bisa di netralisir lebih baik.

"Bersihkan hatimu dari hal-hal negatif, dendam, angkuh, iri, dengki dll, tenangkan fikiranmu akui kesalahan mu dan maafkan lah"

Jalani hidup ini dengan kesederhanaan, karna hidup butuh keseimbangan di dalamnya.
Apapun yang telah engkau capai,
Apapun yang telah engkau miliki dan apapun yang dapat membuatmu bangga atau senang, semua itu tidak akan ada artinya sedikitpun, jika tidak di sertai rasa shukur dan sabar.

Salah satu prinsip hidup itu , Ojo gumunan, Ojo kagetan, lan Ojo Dumeh.
1. Ojo Gumunan artinya kurang lebih jangan gampang atau mudah heran atau mudah kagum dengan sesuatu.

2. Ojo Kagetan artinya kita jangan mudah kaget kita harus lebih mawas diri terhadap perubahan di  sekeliling dan di lingkungan kita " ELING LAN WASPADA "

3.Ojo Dumeh artinya jangan mentang-mentang dalam hidup ini, janganlah kita hidup dengan sombong atau mentang mentang, jangan merasa diri paling super, Hidup itu harus rendah hati, rendah hati bukan berarti rendah diri.

Demikianlah yang dapat saya bagikan bagi pembaca semua, semoga bermanfaat.