ZMedia

Mengatasi Ram android penuh

Smartphone itu sama halnya dengan komputer, saat sebuah data atau koneksi smartphone android aktif maka smartphone tersebut akan menggunakan RAM sesuai dengan aktivitasnya. Dan jika aktivitas yang dilakukkan smartphone tersebut berlebihan misalnya untuk menjalankan Game besar, membuka facebook, G+ dll secara bersamaan maka RAM di android akan cepat penuh. Apa saja penyebab ram android penuh? Contohnya seperti yang telah saya jelaskan tadi di atas, apakah ada cara mengurangi pemakaian ram di android biar tidak cepat penuh? Tentu banyak cara yang sudah di posting untuk mengatasi hal tersebut. Tapi kali ini sedikit akan tambahkan trik dan tips mengatasi ram android penuh kita simak baik-baik cara mengoptimalkan ram android yang kecil. Saat kita sedang membuka facebook, twitter, G+, music dan Blackberry messeger secara bersamaan maka hal seperti ini yang akan membuat ram android kita cepat penuh. Tapi untuk smartphone yang memiliki RAM besar misalnya 1GB, 2GB, bahkan smartphone belakangan ini ada yang ukuran Ramnya sampai 3Gb tentu hal itu tidak akan menjadi masalah dalam menggunakan aplikasi atau game secara bersamaan tapi bagi kita yang memiliki android dengan kapasitas ram berukuran kecil hal ini akan sangat menjengkelkan dan menjadi masalah karna ram Android yang penuh akan berefek pada kinerja smartphon, android kita akan sangat lambat dan lag saat mau membuka atau menjalankan aplikasi atau games. Oleh kerna itu di sini saya akan sedikit memberi tips untuk mengatasi ram yang kecil pada android atau smartphone.

1. Tutup Aplikasi yang tidak diperlukan hal ini untuk mematikan aplikasi/ game yang sedang berjalan tapi tidak di perlukan. Caranya, kita masuk ke Settingan android setelah itu buka Apps, dan clik Running. Maka di sana kita akan menemukan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan. Clik aplikasinya yang menurut kalian tidak di perlukan kemudian klik Stop untuk mematikan aplikasi tersebut. 2. Gunakan Aplikasi XBooster atau task killer anda bisa mendapatkanya di Playstore dan fungsi dari XBoster ini untuk melakukan boosting ram di android. 3. Gunakan ram Manager aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan pro anda bisa dapatkan di playstore. fungsinya untuk mengaktifkan profil tertentu untuk manajemen ram di android sesuai dengan kebutuhan kita. 4. Hapus Aplikasi yang tidak di butuhkan atau yang jarang kita pakai, karena untuk android clas low and kebanyakan menginstal aplikasi akan berdampak pada kinerja android tersebut, untuk menghapus tinggal menuju Setting klik aplikasi lalu pilih aplikasi yang akan di hapus.
Kebanyakan tips dan trik mengatasi ram android cepat penuh membutuhkan akses root untuk menjalankannya. Jadi bagi pengguna smartphone yang belum di root saya sarankan untuk melakukkan rooting terlebih dahulu agar tips dan trik berjalan dengan sempurna, untuk root android ada banyak cara yang tlah di publikasikan sesuai dengan merk smartphone dan sistem operasinya. Mungkin saat ini itu saja yang bisa saya sampaikan tentang tips dan trik mengatasi ram android kecil, semoga membantu dan bermanfaat.